Saturday, October 18, 2008

Membangun Internet Super Cepat

Majalah Mingguan Amerika yang terkenal News Week terbitan 7 April 2008 menulis sebuah artikel yang berjudul “BUILDING A FASTER INTERNET” atau Membangun Internet Super Cepat.. Memang ini sebuah lompatan yang sangat dahsyat dalam perkembangan dunia maya yang di Indonesia baru dikenal pada awal decade 90-an.

Dengan kecepatan yang ada sekarang saja, banyak pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya tidak mungkin terjadi, sekarang bisa di lakukan dengan mudah, cepat dan murah. Misalnya hubungan antar kota, antar provinsi dan bahkan antar negara bisa dilakukan dalam bilangan detik atau paling lama menit. Pada dekade tahun 80-an, kalau Anda akan mengirim surat atau mengirim data yang diperlukan ke berbagai kota, berbagai provinsi dan apalagi ke luar negeri memerlukan waktu berhari-hari dan bahkan berminggu-minggu.Tapi sekarang Anda bisa mengirim surat atau dokumen apa saja dalam hitungan detik atau menit dan biayanya sangat murah.

Para pakar Internet sekarang ini sedang mengembangkan hubungan Internet dengan apa yang disebut dynamic circuit network atau jaringan sirkit dinamis yang akan

mampu mengirim data dengan kecepatan yang sangat dahsyat. Bila semua ini berjalan sesuai dengan rencana diharapkan pada akhir bulan Mei 2008 sudah selesai pembanguna nnya dan sudah bisa diakses oleh kita semua satu atau dua bulan kemudian..

Teknologi Circuit Dynamic Network akan bisa mengatasi berbagai rintangan yang selama ini masih mengganggu lalulintas informasi dunia melalui Internet dengan jalan membuka dedikasi route dari satu titik ke titik yang lain yang memungkinkan data bisa dikirim tanpa gangguan dengan kecepatan ribuan kali lebih cepat dari apa yang dilakukan sekarang ini. Teknologi ini memerlukan beberapa software baru dan hubungan fiber optic yang dihubungan dengan komputer pribadi.

Menurut Karen Pinchin, penulis artikel tersebut di atas dengan teknologi baru yang disebut sebagai Internet2, akan mempercepat waktu download. Misalnya, manakala sekarang ini hanya bisa mengirim dua saluran video secara simultan, dengan dynamic circuit network bisa mengirim 4000 channel sekaligus. Download sebuah film melalui hubungan kabel Internet 4,5 megabyte per detik sekarang ini memerlukan waktu 3 jam. Nanti dengan teknologi Internet2 yang mempunyai kecepatan lebih dari 10 gigabyte per detik, download film yang sama bisa dilakukan hanya dalam waktu 5 detik. Luar biasa.

Teknologi tersebut sekarang ini sedang diikembangkan oleh konsorsium yang terdiri dari beberapa universita terkemuka Amerika Serikat, perusahaan dan organisasi ilmiah pemerintah dan swasta. Sekarang ini hanya beberapa orang saja yang sudah bisa melakukan keajaiban teknologi tersebut. Konsorsium Internet2 mengharapkan percobaan teknologi baru tersebut akan selesai pada bulan Mei 2008 dan akan diluncurkan secepatnya kepada masyarakat.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Anda Telah Berkunjung di Blog Saya dan Silahkan Tinggalkan Komentar.Gunakan Name/URL Untuk Pilihan Komentar Supaya Saya Lebih Mudah Untuk Mengunjungi Web/Blog Anda.Thanks..