Monday, October 20, 2008

Windows Vista Manjakan Gamer


Screenshot Flight Simulator X (microsoft)

Jakarta - Dua dari tiga fokus Microsoft dalam mendorong penggunaan Windows Vista terkait erat dengan perkembangan pasar komputer di kalangan konsumen. Keduanya adalah Windows Vista untuk Family PC dan Windows Vista untuk Gaming PC.

Di Indonesia, Microsoft pun yakin akan potensi komputer di kalangan pengguna rumahan. "Pasar konsumer IT di Indonesia memiliki potensi yang cukup baik. Hal ini didasarkan pada riset internal yang pernah kami lakukan tahun 2006 lalu yang menunjukkan bahwa 43% dari konsumer di area Jakarta dan sekitarnya berencana untuk membeli PC dalam jangka waktu 12 bulan ke depan sebagai salah satu kebutuhan rumah tangga mereka," Hermawan Sutanto, Sr. Product Marketing Manager PT Microsoft Indonesia, mengungkapkan saat ditemui di Kantor Microsoft Indonesia, Jakarta.

Dari pembeli tersebut, lebih lanjut Hermawan mengungkapkan, lebih dari separuhnya akan menggunakan PC untuk bermain. "56% pembeli PC di Jakarta, memiliki tujuan akan menggunakan PCnya untuk bermain game," tuturnya.

Dari survei tersebut, lima besar tujuan penggunaan komputer rumahan memang didominasi oleh hiburan. Berturut-turut ini adalah musik, game, pekerjaan sekolah, gambar dan video, serta game elektronik.

"Terlebih lagi, dari riset internal 40% gamers berkeinginan membeli Windows Vista sebagai operating system dalam PCnya walaupun Windows Vista masih relative baru. Berdasarkan hal tersebutlah, maka kami memberikan perhatian khusus bagi pasar konsumer khususnya pasar PC yang digunakan untuk bermain game," Hermawan menambahkan.

Riset yang sama, ujar Hermawan, mengungkapkan harapan para gamer akan Vista. Sebanyak kurang lebih 60 persen gamer mengaku yakin Windows Vista dan teknologi pendukungnya akan memberi pengalaman main game yang lebih baik dibanding versi sebelumnya.

Hermawan pun mengatakan saat ini Windows Vista mencakup 21 persen dari penjualan Windows di Indonesia. Ini terhitung dalam periode tiga bulan sejak peluncuran Windows Vista di Indonesia yang dilakukan bulan April 2007.

DirectX 10

Windows Vista memiliki kemampuan DirectX 10 yang diyakini bisa lebih memanjakan penggemar game. Teknologi ini bisa meningkatkan detil tampilan pada game-game grafis tinggi tiga dimensi.

"Windows Vista dengan teknologi DirectX 10 merupakan alasan utama bagi para konsumer yang bertujuan menggunakan PC untuk bermain game. Karena dengan teknologi DirectX 10, efek visual dalam game menjadi lebih hidup, lebih realistis, dan membuat pengalaman bermain gamepun menjadi lebih menggelegar," Hermawan memaparkan.

Mulai akhir Januari 2008, ujar Hermawan, Windows XP tidak akan lagi tersedia untuk pembuat perangkat komputer (Original Equipment Manufaturer). Ini, lanjutnya, akan mendorong pembuat game untuk mengembangkan game berbasis DirectX 10.

"Bagi para developer games, hal ini juga merupakan peluang yang terbaik untuk melahirkan game-game generasi terbaru yang lebih realistis dibandingkan sebelumnya," Hermawan menambahkan.

Ini diamini oleh Yos Rifanto, Software Group Product Manager, PT Bhinneka Mentari Dimensi. "Teknologi baru Windows Vista dengan Direct X 10, membuat Windows Vista makin ditunggu-tunggu oleh pasar konsumer terutama mereka penggemar games. Karena petualangan bermain game menjadi lebih seru. Hal ini juga memberikan pengaruh yang positif bagi pasar IT untuk konsumer di Indonesia dengan meningkatkan presentasi penjualan PC," kata Yos.

Hal tersebut dibenarkan oleh Anton Endri Susanto, Sales Consultant Online, PT. Bhinneka Mentari Dimensi yang juga seorang 'pilot' di game Flight Simulator, bahwa salah satu perbedaan yang paling mencolok dari teknologi DirectX 10 adalah gambar yang dihasilkan (scenery) benar-benar realistis.

"Gambar di Flight Simulator yang dijalankan dengan Windows Vista sangat berbeda dengan yang dijalankan pada versi Windows sebelumnya. Gambarnya benar-benar realistis dan lebih indah," ujar Anton.

Namun, ujar Hermawan, untuk memanfaatkan DirectX 10 perlu dukungan dari sisi hardware juga. Dengan kata lain, kartu grafis yang digunakan harus sudah mendukung DirectX 10 juga.

Hermawan mengatakan, pemain game di Windows Vista bisa memanfaatkan akses internet berkapasitas besar untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Game seperti Microsoft Flight Simulator X, ia mencontohkan, bisa dimainkan secara online.

Bahkan, lewat layanan Xbox Live, Hermawan menunjukkan bagaimana gamer di Xbox 360 dan di Windows Vista bisa saling bekerjasama mengendalikan pesawat di Microsoft Flight Simulator X.

Anton menambahkan, permainan itu juga bisa menjadi pendidikan. "Sedangkan belajar terbang dengan menggunakan PC dapat dikatakan menjadi sentral hiburan dan pendidikan, kenapa pendidikan karena dengan mengetahui nama bandara secara otomatis kita akan tahu daerah (negara) mana bandara itu berada dan bermain FS juga dapat mengasah pikiran kita dalam hal hitung-hitungan karena kita juga harus tahu speed berapa untuk landing, dll. Jadi saya berpendapat selain hiburan dan games, PC juga dapat mendidik," ujar Anton.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Anda Telah Berkunjung di Blog Saya dan Silahkan Tinggalkan Komentar.Gunakan Name/URL Untuk Pilihan Komentar Supaya Saya Lebih Mudah Untuk Mengunjungi Web/Blog Anda.Thanks..