Saturday, October 18, 2008

Speedtest untuk Download dan Upload

TES DULU SEBELUM MEMBELI

Di kalangan sementara masyarakat Indonesia, masalah Internet sudah menjadi masalah yang biasa, bahkan sudah menjadi kebutuhan. Ada kebutuhan tiap hari untuik mengakses Internet, baik untuk melihat e-mail yang masuk, atau hanya sekedar browsing untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Dengan semakin semaraknya pengguna Internet sekarang ini ada beberapa factor yang perlu kita ketahui, terutama masalah kecepatan. Infrastruktur Internet sekarang ini masih dalam taraf pengembangan dan belum mapan seperti di negeri maju seperti Jepang, Amerika dan Eropa. Oleh karena itu masih banyak penyimpangan di antara penawaran dan kenyantaan.

Untuk akses Interntet rumahan, kita tidak hanya mengenal Telkomnet Instant yang sudah populer, tapi juga sekarang ini sudah mulai merambah kepada teknologi mobile yang dikenalkan melalui telepon seluler, baik CDMA maupun GSM. Bahkan sekarang ini, koneksi 3G sudah ramai digunakan di kota-kota besar dengan pemain utama nya Indosat M2, XL Mobile Broadband Internet, dan juga Telkomset Flash.

Semua menawarkan kemudahan instalasi dan kecepatan yang katanya termasuik ke dalam generasi 3G, bahkan 3,5G, tetapi kenyataannya tidak demikian, karena

seperti sudah dikatakan di atas infrastruktur kita masih dalam taraf pengembangan, jadi masih banyak kendala-kendala yang harus dibenahi. Oleh karena itu berhati-hatilah. Sebelum membeli sebaiknya kita tes dahulu.

Untuk pengetesan tsb sekarang ini sudah banyak software gratis yang digunakan untuk mengetes kecepatan Internet yang kita pakai. Dengan mengguanakan mesin pencari Google, misalnya menggunakan kata kunci ”test speed Internet” akan muncul beberapa pilihan.

Salah satu software online yang populer adalah Speedtest (www.speedtest.net). Dengan software ini, keraguan kecepatan Internet terjawab. Kita juga bisa membanding-kan kecepatan setiap ISP Internet Service Provider. Dengan demikian kita bisa memilih ISP mana yang handal di daerah Anda. ISP ”A” bisa unggul di daerah ”Z”, tetapi belum tentu unggul di daerah `”B” dan seterusnya.

Kita dengan mudah bisa membaca kecepatan upload dan kecepatan download. Boleh saja salahsatu ISP berkoar tentang kecepatan download yang tinggi, tetapi untuk kecepatan upload biasanya jatuh. Oleh karena itu hati-hatilah dalam memilih.

TIP MENGGUNAKAN SPEEDTEST

  1. Buka website www.speedtest.net
  2. Akan muncul secara otomatis pilihan server yang direkomendasikan untuk digunakan mengetes ISP kita. Klik Test Using Recomended Server.
  3. Tunggu beberapa saat. Nanti akan ada hasil tes berupa kecepatan download dan upload. Akan muncul gambar kecil berisi data ISP dan hasil tes yang bisa disimpan atau di-link untuk dibagi kepada pengunjung website lain. Setelah hasil tes terllihat, Anda bisa memberi peringkat ISP dengan mengklik gambar bintang. Posting hasil tes ke Internet agar orang lain bisa menjadikannya sebagai referensi.
  4. Webmaster yang ingin meng-install Mini Speedtest bisa mendapatkan file untuk di-install di www.speedtest.net/mini/php.

Selamat mencoba.

1 comment:

Terima Kasih Anda Telah Berkunjung di Blog Saya dan Silahkan Tinggalkan Komentar.Gunakan Name/URL Untuk Pilihan Komentar Supaya Saya Lebih Mudah Untuk Mengunjungi Web/Blog Anda.Thanks..